Rabu, 08 Oktober 2008

Tren terbaru Software dan Karakteristiknya

Software yang dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai peranti lunak, diartikan sebagai suatu produk dari knowleage untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi pada lingkungan masyarakat sekitar dengan menggunakan kemampuan pengolahan data yang ada pada komputer.
Berdasarkan kelompok, software dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:



Tren saat ini, arah pengembangan software lebih cenderung ke:
1. Biaya=Gratis
2. Platform= Multiuser
3. Lisensi Pengembangan=Open
4. Cara Akses = Online
Yang paling terbaru dari keempat arah pengembangan software saat ini adalah pada cara pengaksesan software yang digunakan. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa Software dibuat untuk memecahkan masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat. Jika dahulu, ketika seseorang ingin menggunakan program perkantoran, maka di komputer mereka harus terinstal program aplikasi perkantoran, contoh: Microsoft Office, Star Office atau Open Office. Namun saat ini ketika biaya akses internet cukup terjangkau dan dengan teknlogi akses internet yang cepat, maka beberapa pihak telah menyiapkan solusi pengerjaan office secara online. Pengguna cukup terhubung di internet dan mulai membuat dokumen sesuai dengan keiinginan mereka tanpa direpoti dengan proses instalasi program di komputer yang mereka jadikan sebagai sarana kerja.
Hal ini juga mengurangi dampak pelanggaran HAKI (berupa penggunaan barang tanpa lisensi) yang di beberapa negara cukup besar porsinya dibandingkan dengan penggunaan barang berlisensi.
Dari segi hitungan biaya (untuk contoh satu software yaitu office saja), dapat digambarkan sebagai berikut:
- Lisensi pembelian program office berbayar + Rp. 1.650.000
- Biaya akses internet 24 jam online secara sharing + Rp. 300.000/bulan
(Anda bisa bayangkan penghematan biaya jika penggunaan software secara online juga diterapkan dengan jenis-jenis software yang lainnya.)
Namun yang menjadi latar belakang dan faktor terpenting terjadinya pengembangan software online adalah kemudahan dan kenyamanan menggunakan software kapan pun dan dimanapun.

Tidak ada komentar :