Selasa, 19 Agustus 2008

New Techno

  • Teknologi transfer data......
Prototype Photon Burst Transceiver telah berhasil dibuat. Walaupun belum diuji dalam pengiriman data yang sesungguhnya, teknologi terbaru ini mampu untuk mempertahankan kecepatan pengiriman signal dengan rata-rata 96 C (96 kali kecepatan cahaya di ruang hampa). Ini berarti secara teoritis, dengan memasang teknologi ini pada serat optik jenis yang dipakai sekarang, kecepatan maksimum transfer data per opticchannel hampir mendekati 1 Terrabit/detik (untuk memenuhi hard disk100 GB hanya butuh satu detik!)
  • Teknologi natural language processing.....
PARC dan Microsoft sudah hampir berhasil membuat suatu teknik speech recognition dan speech engine yang menyamai telinga dan pita suara manusia.ingin mendengar contoh implementasinya? coba saja telpon ke PARC, Microsoft atau Paypal di luar office hour mereka, maka anda akan mendengarkan suara komputer yang terdengar seperti rekaman suara orang benaran, serta pilihan yang diberikan bukan pencet tombol ini dan pencet tombol itu tapi ucapkan saja pilihannya.
  • Web 3.0......
Sebenarnya, Web 2.0 itu yang mana saja, sampai sekarang masih belum jelas, tapi Web 3.0 sudah mulai dirancang oleh G o o g l e bekerjasama dengan SUN. Salah satu fitur utama yang akan membedakan Web 3.0 dengan yang kita kenal sekarang adalah bahwa Web 3.0 akan memanfaatkan sepenuhnya teknologi mobile saat ini, yakni dengan mengembangkan complete virtual OS berbasis Java yang nantinya akan dapat diakses oleh semua peralatan mobile yang support java.
  • E-commerce.....
di bidang e-commerce, diperkirakan bahwa pada awal tahun 2010 total nilai transaksi e-commerce akan menyamai, bahkan melebihi total transaksi tradisional. Peningkatan drastis terjadi bukan karena meningkatnya minat masyarakat terhadap situs-situs e-commerce diinternet, melainkan karena semakin banyak transaksi tradisional yang dialihkan ke internet demi efisiensi biaya. Selain itu kenaikan harga BBM yang gila-gilaan telah mendorong berkembang pesatnya industri teleworker alias bekerja lewat internet.
( Sumber: ISOCID by "Irwan Effendi" )

Tidak ada komentar :